SEMARAK MAULID NABI DENGAN BERBAGI KEPADA SESAMA

SEMARAK MAULID NABI DENGAN BERBAGI KEPADA SESAMA

TAZAKKA – Sebagaimana tradisi di Tazakka, momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW disemarakkan dengan berbagai kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan. Salah satunya, adalah kegiatan berbagi keberkahan dalam bentuk makan gratis, tebar berkat dan berbagi sembako.

Gerakan yang dimotori oleh Lazis Tazakka itu menyasar kaum dhuafa, yatim piatu, para pejuang fi sabilillah, dan masyarakat umum. Termasuk keluarga besar pondok seperti santri, guru, karyawan dan para pekerja bangunan.

Kegiatan Kemasyarakatan dalam rangka peringatan Maulidur Rasul ini diawali dengan kegiatan makan gratis di warung-warung muslim untuk masyarakat umum. Kegiatam ini dinamakan dengan Hidangan Maulidur Rasul yang diadakan selama 5 hari dimulai pada hari Ahad (24 Oktober) hingga hari Selasa (28 Oktober 2021).

Menurut Ustadz Edi Buana, Direktur Lazis Tazakka bahwa acara makan gratis ini sangat meriah, tak kurang dari 20 warung makan yang ditunjuk sebagai mitra kegiatan Hidangan Maulidur Rasul ini.

Siapapun boleh makan sepuasnya di warung yang telah ditunjuk itu pada hari dan waktu yang telah ditentukan.

Selain kepada masyarakat umum, Edi juga menjelaskan, bahwa Hidangan Maulidur Rasul ini juga dilaksanakan di dalam Pondok Modern Tazakka dengan menyembelih seekor sapi untuk dihidangkan dan dimakan bersama seluruh santri dan guru. Ini bentuk kesyukuran kita dalam rangka memperingati Maulidur Rasul.

Ibu Rohmah, salah seorang pemilik warung yang ditunjuk oleh Lazis Tazakka untuk menyediakan makan gratis mengatakan selama berjualan warung nasi, warungnya tidak pernah diserbu oleh masyarakat sebanyak itu. Ia pun mengaku sangat senang dan bersyukur masih bisa ikut berpartisipasi dalam menyemarakkan peringatan Maulidur Rasul yang diselenggarakan oleh Lazis Tazakka.

Tak hanya itu, Hidangan Maulidur Rasul dari Lazis Tazakka juga menebar ribuan berkat berupa paket nasi kotak menu ayam herbal dari Ahsan Resto, salah satu unit usaha Pondok Modern Tazakka.

Ribuan berkat nasi ayam herbal itu dibagikan kepada jama’ah yang shalat di masjid-masjid di sekitar Pondok Modern Tazakka, dan masjid-masjid di wilayah Kecamatan Bandar, termasuk kepada warga komplek perumahan karangdowo, dan seluruh karyawan pondok. Tak ketinggalan, santri pun ikut mendapatkan berkat ini.

Selain makan gratis di warung-warung dan membagi berkat nasi ayam herbal, Lazis Tazakka juga mengadakan kegiatan berbagi sembako dan uang santunan kepada para pejuang fi sabiliLlah, seperti marbot masjid / mushola, muadzin, imam, guru ngaji, guru madrasah diniyah dan pesantren. Juga, kepada para kaum dhuafa dan yatim piatu.

Lebih dari 70an anak yatim piatu dan 150an fi sabilillah yang mendapatkan paket sembako dan uang santunan ini.

Lazis Tazakka menyampaikan ribuan terimakasih kepada para muzakki dan muhsinin yang telah mendonasikan sebagaian hartanya untuk berbagi kepada sesama. Semoga mendapatkan ridha Allah dan limpahan keberkahan dari Allah SWT serta syafaat Rasulullah SAW di hari akhir kelak. Amin.