Imamah Masjid Oleh Santri Senior

Imamah Masjid Oleh Santri Senior

TAZAKKA – Mulai semester ini beberapa penugasan yang dulu diberikan kepada guru-guru, kini mulai dialihkan kepada santri kelas 5 sebagai santri senior, termasuk imamah shalat di Masjid Az-Zaky. Secara bertahap imamah akan diestafetkan kepada santri kelas V dan VI. Untuk semester ini baru imamah shalat Dhuhur dan Asar, sedangkan Subuh, Maghrib dan Isya masih diimami oleh para guru yang ditunjuk langsung oleh Pimpinan Pondok.

Sebelumnya terlebih dahulu diadakan pelatihan imamah yang diikuti oleh seluruh santri kelas V. Dan setiap santri kelas V yang bertugas menjadi imam pada minggu ini akan dites (tajaddud) oleh Staf Pengasuhan Santri dan disaksikan oleh seluruh kelas V yang lain.

Telah menjadi sunnah di Pondok Modern Tazakka bahwa Bapak Kiai Pengasuh Pondok hanya mengimami shalat berjamaah pada hari Jumat yaitu Subuh dan Shalat Jumat. "Pak Kiai lebih sering menjadi makmum, awalnya kami enggan tapi atas isyarat dan perintah Beliau kami taat, karena ini sudah menjadi sistem, dan ini adalah proses pendidikan dan pembelajaran berharga bagi kami, karena jika ada yang keliru langsung setelah shalat kami dievaluasi oleh Bapak Kiai" tutur Urfa, seorang santri kelas V. 

Bahkan, pada semester depan khutbah Jumat berbahasa Arab pun akan diamanahkan kepada santri kelas VI. "Semuanya bertujuan mendidik dan mengkader para santri agar siap terjun di masyarakat kelak" ujar Ustadz Alam Mahardika. @ghifaria