FPAG GANDENG AL-AZHAR DALAM PEMBINAAN MAHASISWA

FPAG GANDENG AL-AZHAR DALAM PEMBINAAN MAHASISWA

KAIRO – Rombongan beberapa kiai pengasuh pesantren FPAG bertemu dengan Prof. Dr. Nahlah Suaidy Sobri, Penasehat Grand Syaikh Urusan Mahasiswa Asing di Kantornya, di Kairo, Rabu (21/2/2024).

Rombongan yang dipimpin oleh Direktur KMI Pondok Modern Darussalam Gontor KH. Masyhudi Subari, M.A itu terdiri dari Pimpinan Pesantren Darunnajah Dr. KH. Sofwan Manaf, Pimpinan Pondok Modern Tazakka KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A, Ph.D dan KH. Anizar Masyhadi, M.A didampingi beberapa mahasiswa pascasarjana Al-Azhar.

Baca juga: AL-AZHAR KAIRO DAN LAZIS ASFA SEPAKAT LAHIRKAN SDM UNGGUL

Mereka mendiskusikan pola pembinaan yang intensif dan bagaimana mengembangkan potensi akademik mahasiswa Indonesia di Al-Azhar secara umum, dan secara khusus pembinaan kepada para kader pesantren yang tergabung dalam Forum Pesantren Alumni Gontor (FPAG) yang jumlahnya mencapai ribuan.

Saat ini, terdapat sekitar 12 ribu mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Al-Azhar. Mereka adalah aset sangat berharga untuk bangsa Indonesia di masa depan. Maka, perlu dilakukan pembinaan berkelanjutan secara rutin.

Para pengasuh pesantren mengajak Al-Azhar untuk ikut dalam pembinaan mahasiswa secara berkelanjutan. Prof. Nahla sepakat pembinaan meliputi penguatan akademik, pengembangan wawasan dan cakrawala berpikir, wasatiyah Islam, serta peta dan strategi dakwah kontemporer. Mereka akan segera merumuskan pola-pola dan metode pembinaannya bersama Al-Azhar.

Baca juga: Pondok Modern Tazakka Gelar Ujian Lisan Semester 2 Tahun Ajaran 2023-2024

Kiai Masyhudi Subari menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Al-Azhar atas dedikasi, perhatian, dan bantuannya dalam mendidik putra-putri Indonesia. Menurutnya, peran Al-Azhar untuk bangsa Indonesia selama ini sangat besar.***