Motto

Motto

PENDIDIKAN PONDOK MODERN TAZAKKA menekankan pada pembentukan pribadi mukmin, muslim yang berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas. Kelima hal tersebut adalah motto pendidikan di Pondok Modern Tazakka.

1. BERBUDI LUHUR

Berbudi Luhur atau yang lazim disebut AI-Akhlakul Karimah adalah landasan yang paling prinsipil yang ditanamkan Pondok Modern Tazakka kepada seluruh santri dan semua elemen yang ada. Penekanan tata krama dan sopan santun dalam berbagai kondisi menjadi kewajiban. Ini terefleksi dalam pola hidup dan tingkah laku yang selalu ditekankan dalam pesantren.

2. BERBADAN SEHAT

"Al-Aqlu Saliim fii Jismi Saliim" Akal yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat, tubuh yang sehat adalah sisi lain yang cukup penting dalam pendidikan di Pondok Modern Tazakka. Dengan tubuh yang sehat, para santri akan dapat melaksanakan aktivitas hidup dan beribadah dengan sebaik-baiknya. Pemeliharaan kesehatan dilakukan melalui berbagai kegiatan olahraga, dan pemeliharaan asrama yang bersih dan nyaman.

3. BERPENGETAHUAN LUAS

Para santri di Pondok Modern Tazakka akan dididik melalui proses yang telah dirancang secara sistematik untuk dapat memperluas wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Seluruh santri tidak hanya diajari pengetahuan dalam ruang kelas, tetapi lebih dari itu juga diajarkan cara belajar dan untuk apa dia belajar. Kyai sering berpesan bahwa ilmu pengetahuan itu luas, tak bertepi dan tanpa batas, tetapi tidak boleh terlepas dari Al-Akhlakul Karimah atau budi luhur, sehingga para santri tahu untuk apa dia belajar dan tahu prinsip untuk apa dia menambah pengetahuan, agar ilmu pengetahuan itu tidak digunakan pada hal-hal yang akan merugikan manusia itu sendiri.

4. BERPIKIRAN BEBAS

Berpikiran bebas itu tidak berarti bebas tanpa batas, kebebasan berpikir tidak boleh menghilangkan jati diri seorang muslim sejati. Karenanya, kebebasan berpikir itu adalah kematangan dan kedewasaan dari apa yang telah diperolehnya. Motto ini ditanamkan sesudah santri memiliki budi yang luhur dan sudah berpengetahuan luas.