Wakil Rektor Al-Azhar Kunjungi Gontor

Wakil Rektor Al-Azhar Kunjungi Gontor

Ponorogo – Pondok Modern Gontor kembali mendapatkan kunjungan ulama Al-Azhar, Syaikh Prof. Dr. Muhammad Abu Zaid Al-Amir, 28/11. Ikut mendampingi kujungan tersebut Direktur Media Center Universitas Al-Azhar Hamed Saad dan Pimpinan Pondok Modern Tazakka KH. Anizar Masyhadi.

Wakil Rektor Prof. Al-Amir disambut oleh Pimpinan Pondok Modern Gontor KH. Hasan Abdullah Sahal, Ketua Badan Wakaf KH. Akrim Maryat, Direktur KMI KH. Masyhudi Subari dan Wadir KMI KH. Farid Sulistio, Lc. beserta guru senior lainnya.

Menurut Syaikh Al-Amir, bahwa kunjungannya ke Gontor sudah dinantikan sejak lama.

“Saya mendengar Gontor dari para ulama Al-Azhar, bahkan Grand Syaikh Al-Azhar Syaikh At-Thoyyib dalam beberapa pertemuan menjelaskan kepada kami, bahwa Gontor adalah miniatur Al-Azhar di Indonesia dan berada didalam hati saya”, jelas Syaikh Al-Amir.

Gontor mendapatkan kehormatan kunjungan Grand Syaikh sepanjang sejarah, dimulai dari Syaikh Abdul Halim Mahmud (1970an), Syaikh Jadul Haq (1995), Syaikh Thantowi (2006), dan Syaikh At-Thoyyib (2016 dan 2018).

Kunjungan tersebut menandakan hubungan baik dan erat antara kedua lembaga pendidikan tersebut, bahkan Gontor oleh Grand Syaikh At-Thoyyib diberi quota beasiswa khusus sejumlah 80, dan Pimpinan Gontor KH. Abdullah Syukri Zarkasyi menjadi satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan “Al-Wisam Al-Jumhuriyah” penghargaan yang sangat tinggi dari Pemerintah Mesir tahun 2006, Syaikh Al-Amir berkesempatan menjenguk dan mendoakan Kiai Abdullah Syukri yang sedang sakit di kediamannya.

Prof. Al-Amir memberikan kuliah umum di Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, menyambut kedatangannya Rektor Prof. Dr. KH. Amal Fathullah Zarkasyi, MA, para wakil rektor dan dekan serta civitas akademika Unida Gontor. Dalam kuliah umum yang dihadiri seluruh mahasiswa dan dosen, Syaikh Al-Amir menyampaikan tentang “Mafhumul Islam; Syariatan wa Awidatan“.

Syaikh Al-Amir juga mengunjungi Pondok Modern Gontor Putri 1 di Mantingan Ngawi. Sesaat setelah berkeliling kampus, Syaikh Al-Amir menjadi imam sholat maghrib dan memberikan tausyiah di depan seluruh santriwati.

Dalam perjalan ke Solo, Syaikh Al-Amir menyampaikan kebanggaan dan rasa senang yang mendalam, karena pada 28 Nopember 2019 dapat mengunjungi lembaga pendidikan Gontor yang selama ini sering didengarnya di Al-Azhar. @afandi.

About Tazakka

Admin Official Utama Website Pondok Modern Tazakka, mempublikasi tulisan dengan cinta dan keikhlasan dari Batang, Jawa tengah.

Sebelumnya

Wakil Rektor Al-Azhar Kunjungi UIN Syarif Hidayatullah

Sesudahnya

Wakil Rektor Al-Azhar Di UMS; Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Pilihan Kedua Di Al-Azhar