Penandatangan MoU antara Pondok Modern Tazakka dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM

Penandatangan MoU antara Pondok Modern Tazakka dan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM

TAZAKKA – Pimpinan Pondok Modern Tazakka KH. Anang Rikza Masyhadi, MA bersama Dekan FIB UGM Dr. Wening Udasmoro, M.Hum, DEA menandatangani Perjanjian Kerjasama tentang pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, Senin, (13/8).

Hadir menyaksikan penandatangan itu Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjaaama dan Alumni, Dr. Agus Suwignyo; Ketua Departemen Antar Budaya FIB Prof. Dr. Sangidu, M.Hum; Ketua Program Studi Sastra Arab Dr. Amir Ma'ruf, M.Hum, Sekretaris Program Studi Sastra Arab Abdul Jawat, S.S., M.Hum dan dosen Sastra Arab FIB Imam Wicaksono, Lc., MA.

Pimpinam Pondok didampingi oleh Sekretaris Pimpinan Affandi, S.Pd.I, Hilmi Ghifaria dan Sulthoni, Lc., MSI.

Perjanjian Kerjasama Tazakka – FIB semakin mengukuhkan hubungan baik keduanya yang telah terbina sejak 2005, saat Kiai Anang menjadi Liassion Officer Kerjasama FIB dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi di Mesir dan Timur Tengah. Bersama Dekan FIB saat itu Prof. Dr. Syamsul Hadi, S.U., MA dan Wakil Dekan Kerjasama Prof. Dr. Sangidu, M.Hum melakukan terobosan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Mesir.

Saat Prof. Dr. Sangidu, M.Hum menjabat sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo hubungan kerjasama pendidikan dan penelitian Indonesia – Mesir semakin meningkat dan meluas. Bahkan tidak saja dengan UGM tetapi juga dengan PTN dan PTS lain di Indonesia.

Saat Sekolah Pascasarjana UGM mendirikan Program Studi Kajian Timur Tengah (KTT) pun, unsur Pimpinan Tazakka KH. Anizar Masyhadi dan KH. Oyong Sufyan juga terlibat aktif dalam kerjasama-kerjasama dengan perguruan tinggi di Mesir.

Semoga dengan perjanjian kerjasama ini kedua pihak dapat saling memanfaatkan untuk pengembangan mutu pembelajaran dan meningkatkan kualitas sumber daya santri di masa depan. @ghifaria-mct