KMD Cetak SDM Pembina Berkualitas

KMD Cetak SDM Pembina Berkualitas

TAZAKKA – Untuk pertama kalinya pada tahun ini, Gugus Depan 02.127 PM Tazakka mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar atau sering disebut KMD. Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 16 sampai dengan 21 Januari 2017.

Kursus yang diperuntukkan bagi siswa kelas 5 & 6 PM Tazakka tersebut dibuka langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Batang, Kak Suharyanto, bertempat di Aula Rabitah PM Tazakka.

Hadir pula dalam seremonial tersebut Kak Marbawi, S.Sos., M.Si., Waka Kwarnas Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama, Kak. Luqman Hakim Arifin, Andalan Nasional Urusan Kominfo, KaKwarda Jawa Tengah, Kak Mulyono., Jajaran Forkompincam serta sederet dewan pelatih dari Pusdiklatcab Abhirawa Batang.

Dalam sambutannya, Kiai Anang sebagai Mabigus PM Tazakka menegaskan tekatnya untuk mengembangkan pramuka Tazakka pada level internasional. "Mulai saat ini dan seterusnya, Tazakka akan mengadakan KMD setiap tahun. Bahkan kalau perlu dilanjutkan KML sampai KPD dan KPL" ungkapnya.

"Saya juga mohon izin dari kwarcab sampai kwarnas, kelak apabila ada Jambore Dunia, saya izin agar Tazakka bisa ikut di dalamnya. Karena ada banyak misi didalamnya, seperti misi keindonesiaan, nilai-nilai kebangsaan dan perdamaian" pungkasnya.

Adapun KaKwarcab dalam amanahnya menyampaikan harapannya tentang misi KMD. "KMD ini adalah salah satu jalan untuk menyiapkan SDM pelatih yang berkualitas. Saya berharap adika-adika sekalian kelak bisa mewarnai gugus depannya. Saya sangat berterima kasih dan bangga jika Tazakka setiap tahunnya bisa mengadakan KMD. Dengan demikian, kelak akan lahir pembina-pembina mahir yang berkualitas di Batang ini" jelasnya.

Pembukaan kursus sendiri resmi dibuka setelah tunggul Pusdiklatcab Abhirawa diserahkan oleh KaKwarcab kepada Pimpinan Kursus, Kak Wastori.

Acara ditutup dengan keynote speech dari Kak Marbawi, S.Sos., M.Si tentang "Peluang dan Tantangan Pramuka di Masa Depan". Dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan serta doa yang dipimpin oleh Kak. M. Bisri, M.Si.

Pada kursus kali ini, para peserta akan mendapatkan materi pokok fundamental Gerakan Pramuka, scouting skills, outbond, _micro teaching_pionering aplikatif, berkemah, api unggun, pre test dan post tes. Selain itu, ada pula seminar kepramukaan dengan tema media dan cyber pramuka.

Pelaksanaannya pun dibagi dalam dua sesi. Empat hari dilaksanakan di Kampus PM Tazakka, dan sisanya dilaksanakan di Bumi Perkemahan Desa Reban, Batang.@Alam