Kelas 6 Jalani Ujian Akhir

Kelas 6 Jalani Ujian Akhir

TAZAKKA – Mulai Rabu (4/1) lalu, 26 orang siswa kelas 6 menjalani ujian akhir gelombang pertama. Ujian akhir yang dilaksanakan selama 5 hari tersebut merupakan ujian akhir yang pertama kali. Pada gelombang pertama ini, sebanyak 14 materi diujikan.

"Materi yang diujikan hanya sebagian, hanya materi yang diajarkan sampai kelas 5 ke bawah" terang Ustadz Ilhamuddin, salah satu panitia.

Adapun dalam pengawasannya, ujian akhir ini hanya melibatkan panitia ujian dan beberapa pembimbing kelas 6. Ujian sendiri dilaksanakan di Aula Gedung Robithah Pondok Modern Tazakka.

Sebagaimana sunnah pondok yang sudah berjalan, ujian diawali dengan tazkiyah di Masjid Az-Zaky, dimana seluruh peserta ujian dari siswa akhir dan para guru pengawas melaksanakan shalat Dhuha dan dzikir, bermunajat agar dimudahkan dan diberi hasil yang terbaik.

Malam sebelumnya, Bapak Direktur juga berkesempatan memberikan pesan dan nasehat kepada seluruh siswa kelas 6 sebagai bekal dan perhatian selama menempuh ujian akhir.

Dalam nasehatnya beliau berpesan kepada kelas 6 agar bersungguh-sungguh menghadapi ujian ini. "Ujian ini adalah ujian akhir, maka kesungguhannya harus lebih dari adik-adik kelas kalian. Ini menentukan kelulusan kalian, maka jalani dengan serius." pesan beliau.

Ujian akhir selanjutnya akan dilaksanakan bulan Maret mendatang. Pada gelombang kedua tersebut akan diujikan sebanyak 20 lebih materi, termasuk di dalamnya ujian lisan dan ujian praktek mengajar atau amaliyah tadris. Dari keseluruhan nilai ujian akhir ini yang nantinya akan menjadi salah satu penentu kelulusan mereka. @edibuana