Tazakka Juara Umum Lomba Bahasa Arab

Tazakka Juara Umum Lomba Bahasa Arab

TAZAKKA – Delegasi santri dari Pondok Modern Tazakka berhasil merebut Juara Umum dalam Parade Bahasa Arab se-eks. Karesidenan Pekalongan (Batang, Pekalongan Kota, Kab. Pekalongan, Pemalang, Tegal, dan Brebes) yang digelar di IAIN Pekalongan, baru-baru ini.

Dalam acara yang diikuti oleh pelajar dan santri setingkat SMA/SMK/MA, itu delegasi Tazakka mengirimkan sembilan santri untuk bersaing dalam enam kategori lomba. Yakni, Cerdas Cermat Bahasa Arab, Puisi Bahasa Arab, Bercerita Bahasa Arab, Membaca Kitab Kuning, Kaligrafi, dan Menyanyi Pop Arab.

Menurut Direktur KMI Tazakka, Al Ustadz Muhammad Bisri, dari keenam kategori, empat juara lomba berhasil direbut para santrinya. Yakni membaca Kitab Kuning (Juara I), sedangkan juara II dan III diraih SMK Al-Fusha Pekalongan dan Pondok Pesantren Nurul Huda Banin.

Pada Lomba Cerdas Cermat dalam Bahasa Arab (Juara I) disusul MAN 2 Pekalongan dan Ponpes Nurul Huda Banin sebagai Juara II dan III. Sementara pada lomba Bercerita dalam Bahasa Arab, Tazakka meraih juara II. Juara I dan II diraih SMA Ma’had Islam Pekalongan dan MAN Kota Tegal. Adapun dalam Menyanyi Pop Bahasa Arab juara I diraih MAN Kota Tegal dan Santri Tazakka Juara III.

“Para santri Tazakka selalu ditekankan tentang kaidah ilmu nahwu dan sorf. Di samping juga pembiasaan percakapan antar santri dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Bahkan jika santri menyalahi aturan itu, yakni berbicara selain menggunakan bahasa Arab dan Inggris, akan mendapatkan sanksi membuat makalah dengan bahasa Arab dan Inggris.” Jelas Ustadz Muh. Bisri.

Wakil Pimpinan Tazakka KH. Anizar Masyhadi menegaskan bahwa bahasa Arab dan Inggris menjadi pakem atau perhatian serius Pondok Tazakka. Sebab kedepan tantangan zaman akan bisa dihadapi dengan kedua bahasa tersebut, selain tentunya bahasa Indonesia sendiri.

Wakil Direktur KMI Ustadz Hakim yang mengatur kurikulum pelajaran di Tazakka menegaskan, bahwa untuk menyukseskan penguasaan bahasa kepada santri, semua pelajaran kecuali bahasa Inggris, bahasa Indonesia, matematika, fisika, biologi, dan beberapa pelajaran lainnya, semuanya menggunakan bahasa Arab. @Alam