Kantor Baru Lazis Tazakka

Kantor Baru Lazis Tazakka

TAZAKKA – Guna mempermudah kinerjanya, mulai awal tahun ini Bagian Lazis Tazakka­ memindahkan kantor kerjanya dari Maktab Tazakka ke Gedung Suriah 106 yang sebelumnya digunakan untuk Mini Hall.

Perpindahan kantor Lazis Tazakka di dalam lingkungan kampus ini guna memudahkan kinerja serta koordinasi bagian tersebut, sehingga ke depan kualitas dalam hal pelayanan dan manajemen menjadi lebih maksimal. Karena sebelumnya ketika masih bertempat di Maktab belum maksimal.

Kantor memang menjadi cerminan sebuah lembaga dan identitas lembaga tersebut. "Dengan wajah baru kantor Lazis ini, diharapkan ada semangat baru dan perbaikan dalam menejemen, pelayanan dan maintenance-nya. Sehingga lembaga ini menjadi lembaga yang maju dan profesional" terang Ustadz Edi, salah satu pengurus bagian tersebut.

Saat ini, kantor tersebut bisa dikatakan sebagai kantor yang nyaman dengan dilengkapi dengan meja-meja pelayanan, ruang tamu, ruang meeting serta ruang penyimpanan dokumen bagian. Selain itu, perwajahan kantor juga dihias dengan banyak poster tentang zakat dan wakaf, visi dan misi, program serta papan laporan perolehan zakat dan wakaf. "Kami berharap dengan perubahan suasana kantor kami, setiap tamu yang datang akan terpanggil hatinya untuk ikut dalam program-program yang sudah dirancang bagian kami" tambah Edi.

Memang selain menjadi tempat pelayanan bagi para wakif dan muzakki yang datang langsung, kantor ini juga biasa dijadikan salah satu stand yang wajib dikunjungi oleh tamu-tamu yang hadir ke pondok. Bahkan, beberapa orang baik lembaga maupun personal seperti mahasiswa banyak yang datang untuk sekedar belajar dan juga berkonsultasi dalam hal zakat dan wakaf serta menejemennya.

Selain itu, bagian lazis juga masih membuka dan memanfaatkan counternya di masjid Az-Zaky Pondok Modern Tazakka yang biasanya dibuka saat ada acara-acara pondok di masjid seperti Pengajian Ahad Pagi, Tabligh Akbar dan lain sebagainya. Hal ini untuk memudahkan para dermawan, wakif dan muzakki dalam pelayanan dan penyalurannya.

Saat ini, Bagian Lazis Tazakka sedang mengembangkan wakaf dengan sistem autodebet dan juga menggalakkan program lama yaitu tabung wakaf serta wakaf kolektif. Adapun wakaf auto debet merupakan salah satu terobosan yang dilakukan bagian ini untuk mengakomodir orang-orang tertentu yang memiliki keterbatasan waktu, sehingga sulit untuk bisa membayarkan keinginannya untuk berwakaf secara tunai, apalagi harus datang langsung ke pondok. Maka, diharapkan dengan sistem auto debet tersebut, tidak ada kendala dalam penyerahan uang wakafnya dan menjadi lebih praktis.

Itulah beberapa inovasi dan per­ubah­an yang dilakukan oleh Lazis Tazakka­ guna menjadikan lembaga tersebut sebagai lembaga yang maju dan profesional. Semoga segala target dan visi misi lembaga ini tercapai semua dan akhirnya bisa memajukan pondok dan umat secara umum @kamal.