Tajadud Imamah Oleh Wali Kamar

Tajadud Imamah Oleh Wali Kamar

TAZAKKA – Direktur Pengasuhan Santri meng­instruksikan kepada Bagian Takmir Masjid untuk menga­dakan tajadud imamah atau memperbaiki bacaan sebelum menjadi imam shalat. Tajadud imamah ini semacam forum ujian yang harus dilalui oleh santri yang mendapat giliran menjadi imam shalat jamaah di kamarnya masing-masing. Tajaddud imamah dilakukan  sehari sebelum giliran tiba di hadapan wali kamar masing-masing. Kegiatan ini dimaksudkan agar para santri memiliki persiapan yang maksimal sebelum menjadi imam, mulai dari bacaan, gerakan, dzikir dan doa.

Latihan menjadi imam di kamar masing-­masing ini dilaksanakan secara bergilir pada waktu shalat Dzuhur dan Isya di bawah bimbingan dan pengawasan pengurus rayon dan wali kamar. Itulah diantara tujuan mengapa untuk Dzuhur dan Isya dilaksanakan di kamar masing-masing, kecuali ada tiga kamar yang tetap di masjid secara bergilir pula.

Direktur Pengasuhan Santri, Ustadz H. Oyong­­ S­hufyan menjelaskan bahwa shalat berjamaah di masjid­ maupun di kamar selain sebagai kewajiban ibadah,­ juga sebagai sarana pendidikan. “Di Tazakka, shalat berjamaah bukan sekedar ibadah, tetapi juga pendidikan” ujarnya.