Pembacaan Tengko Disiplin Santri

Pembacaan Tengko Disiplin Santri

TAZAKKA – Guna mengembalikan kedisiplinan santri setelah liburan semesteran, Bagian Pengasuhan Santri mengadakan pembacaan Tengko Disiplin yang diikuti oleh seluruh santri, baik santri baru maupun santri lama.

Tengko adalah istilah yang digunakan di Pondok Modern Tazakka yang merupakan acuan atau rambu-rambu yang harus ditaati oleh seluruh santri selama masa belajarnya di pondok. Tengko dibacakan setiap permulaan semester guna mengingatkan santri akan disiplin yang ada di dalam pondok ini.

Disiplin di Pondok dibagi menjadi 2, disiplin yang tertulis dan yang tidak tertulis, pada disiplin tertulis tertera pula sanksi disiplin bagi para pelanggarnya dan untuk disiplin yang tidak tertulis haruslah diukur dengan dhomir/hati kecil masing-masing santri.

Tengko disiplin santri dibagi menjadi 3. Yang pertama mengenai disiplin yang mencakup seluruh aktivitas keseharian santri dari bangun tidur hingga tidur kembali, yang kedua berisi tentang disiplin berbahasa beserta kegiatannya, dan yang ketiga disiplin yang terkait dengan KMI/disiplin masuk sekolah.