LAZIS TARGETKAN 1,9 M

LAZIS TARGETKAN 1,9 M

TAZAKKA – Bulan Ramadhan adalah bulan aksi bagi Lazis Tazakka (Laztaz). Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, Laztaz pada bulan Rama­dhan 1435 ini melaksanakan­ se­rangkaian kegiatan meliputi Tara­wih Keliling (Tarling), Silaturahim­ Akbar dan Buka Puasa Bersama Kaum Muslimin, Santunan Yatim­ Piatu dan Dhuafa, Pembagian Bingkisan Hari Raya untuk Da’i, Tali Asih Pantura, Maidaturahman, dan kegiatan-­kegiatan lainnya.­

Selain serangkaian kegiatan di atas, tim Laztaz juga disibukkan­ dengan kerja penghimpunan da­na zakat, infak dan sedekah dari kaum muslimin. Sebagian muzakki me­nya­lurkannya melalui tunai, tetapi­ ada pula yang melalui transfer ke rekening bank. “Hampir tiap hari kami jalan, menjemput zakat terutama untuk wilayah sekitar Batang, Pekalongan dan Kendal, juga ke bank-bank untuk update database transfer ZIS dari para muzakki yang di luar kota.” papar Ustadz Subhi saat ditemui redaktur­ KMT.

Menurut penuturan Direktur Laztaz, Hj. Eva Maria Ulfah, S.Ag, M.Si, kesibukan tim sudah mulai terasa sejak awal Ramadhan dan puncak­nya adalah pada sepuluh hari terakhir. “Karena selain terus mengejar dana masuk dan mendata­nya, juga kami sibuk mencermati database mustahik dan melakukan mapping untuk pendistribusiannya” ujarnya.

Pendistribusian da­na­­ zakat tetap mengacu pada pe­nge­­lompokan asnaf-­asnaf sebagai­mana disebutkan dalam Al-Quran, tetapi disertai dengan pertimbangan skala prioritas dan peta wilayah. “Ada program prioritas, dan ada pertimbang­an wilayah binaan” imbuhnya. 

 Tahun 2014-2015 Laztaz prioritaskan pada program pendidikan dan kesehatan, yaitu dengan pemberian beasiswa dan bantuan pengobatan untuk para dai, guru ngaji dan para imam masjid. “Tahun ini beasiswa akan kami salurkan kepada anak-anak yang berprestasi mulai dari tingkat SMP, SMU, S1, S2 hingga S3, dan kami prioritaskan kepada mereka yang mau jadi kader dan punya komitmen keumatan­ dan kebangsaan yang tinggi” imbuh­nya.

Tahun 2015 Laztaz mencanang­­kan­ 100 sarjana, sehingga jumlah­ pe­nerima, baik untuk jenjang pon­dok­­ pesantren, S1, S2, maupun S3­ akan ditambah. Laztaz juga akan­ menya­lurkan beasiswa kepada pe­lajar yang berasal dari Indonesia­ Timur untuk melanjutkan­ pendidikan­ di Pondok Modern Tazakka.­ Sedangkan untuk kesehat­an, prioritas pada orang-orang yang punya peran penting di masyarakat tetapi secara ekonomi dhuafa.

Berdasarkan data yang masuk, perolehan dana zakat dan infak selama Ramadhan ini mencapai 300an juta. 

Sedangkan secara umum Laztaz mentargetkan perolehan Rp. 1,9 Miliar di tahun ini.

ZAKATKU KUNCI SURGAKU

Salurkan Zakat anda melalui Lazis Tazakka
Jemput Zakat hubungi : Ustadz Subhi (085713902015), (085869290300)