Language Upgrade Tingkatkan Bahasa Santri

Language Upgrade Tingkatkan Bahasa Santri

TAZAKKA – CLI (Central Language Improvement)Tazakka ada­kan­ Language Upgradeuntuk santri PM Tazakka (14/11). Acara berlangsung di depan Gedung Rabithah.

Kegiatan tersebut diadakan untuk menguji kemampuan santri dalam penguasaan bahasa yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Pada kegiatan Upgrading Bahasa yang diadakan secara periodik per tiga bulan sekali ini, seluruh guru terlibat. Tiap guru menguji lima santri sekaligus secara lisan. Ujian bersifat tatap muka dalam bentuk dialog dan debat menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Dise­lingi juga dengan metode fun and gamesuntuk memupuk kreatifitas santri dalam berbahasa asing.

Dua aspek yang diujikan dalam program Upgrading­ Language, yaitu pada aspek vocabularies(kosa kata) dan conversation (percakapan). Menurut Ustadz Dzul Kholil, salah seorang guru pembimbing bahasa di CLI, bahwa bagi santri baru, selama 6 bulan minimal ia
telah menguasai lebih dari 150 kosa kata Arab dan Inggris,  meskipun yang telah diberikan 250an kosa kata, sehingga dengan yang minimal itu sudah dapat digunakan untuk percakapan dasar. “Kami berharap para santri mampu berbahasa Arab dengan benar sesuai aksen Arab, bukan lagi aksen daerah,” ujar Ustadz Dzul Kholil.