Tazakka Tradisikan Khataman Quran Sebulan Sekali

  • 10 Oktober 2020
  • 75 views
Tazakka Tradisikan Khataman Quran Sebulan Sekali

Pondok Modern Tazakka adakaan Khataman Al-Quran bersama pada hari jumat (9/10). Selepas sholat maghrib berjamaah para santri menghatamkan secara bersama perkelas ditemani oleh wali kelas, sedangkan asatidz bersama Pimpinan Pondok di teras gedung Rabitoh.

Tujuan diadakannya acara ini tidak lain merupakan bentuk ikhtiar kita menghadapi ujian dari Allah SWT.

Seperti yang disampaikan oleh Al-Ustadz Alam Mahardika, selaku ketua Departemen Kepengasuhanan “Di tengah pandemi ini, kita perlu ‘membuka langit’ dengan memperbanyak dzikir, doa dan membaca ayat-ayat Al-Quran. Harapannya Allah akan curahkan nikmatnya berupa kesehatan dan menjaga pondok ini dari wabah Covid 19. Selain itu, anak-anak juga akan menghadapi ujian. Semoga dengan khataman dan dzikir bersama ini, mereka diberi kemudahan dan hasil terbaik dalam ujian nanti” ucapnya ketika ditemui tim media selepas acara khataman.

Dihadapan para asatidz Pimpinan Pondok Modern Tazakka, KH. Anang Rikza Masyhadi, MA. Menyampaikan hal yang terkait dengan acara Khataman. Beliau menekankan bahwa pesantren harus memiliki ciri khas spiritualitas, semua kegiatan dan apapun yang dilakukan harus mengandung unsur spiritual, dan acara khataman quran sebulan sekali ini merupakan salah satu ciri spiritualitas pesantren.

Beliau juga mengingatkan agar seluruh santri dan asatidz menjaga wudhu setiap sebelum melakukan pekerjaan apapun. Baik itu belajar, mengajar atau aktifitas apapun.

Acara berlangsung khidmat, diakhiri dengan berdzikir, berdoa dilanjut sholat isya berjamaah di Masjid dan ditutup dengan makan malam bersama seluruh asatidz dan santri di Dapur umum.

Ditulis oleh: Tazakka
Admin Official Website Pondok Modern Tazakka, Batang, Indonesia.

Konten Terkait

Hikmah Tazakka | Tafsir Surat Al-Fatihah #7

Tafsir Surat Al-Fatihah menurut Kitab Tafsir Ar-Rahib karya Syekh Rajab Deeb (1931-2016) yang disampaikan oleh KH. Anang Rikza Masyhadi, MA. Pengasuh Pondok Modern Tazakka, Bandar, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.