TAZAKKA KEMBANGKAN PRAMUKA TEMATIK

  • 14 Agustus 2020
  • 142 views
TAZAKKA KEMBANGKAN PRAMUKA TEMATIK

TAZAKKA – Momentum Hari Jadi Pramuka ke-59, digunakan oleh Mabikori Gudep Tazakka untuk kembali mengukuhkan konsep tematik Pramuka Tazakka. Sejak sekitar 4 tahun lalu, Pramuka Tazakka mengusung konsep Pramuka Tematik dengan semboyan: “Pramuka Peduli Sesama, Pramuka Bermanfaat”

Pramuka adalah ekstrakurikuler wajib di Pondok Modern Tazakka. Latihan Pramuka dilaksanakan tiap hari Kamis siang, pukul 13.45 – 16.00 WIB.

Menurut Kamabikori Tazakka, Kak Nur Mahmudi, S.Pd, konsep Pramuka Tematik diusung sejak beberapa tahun lalu. Misal: pramuka dan bencana alam, maka kerjasama dengan BNPB, berisi pelatihan penanggulangan bencana alam gempa bumi, banjir, longsor, gunung meletus, dan lain sebagainya.

Pramuka dan SAR, maka pelatihannya dalam bentuk pertolongan, seperti menolong orang hanyut di sungai / laut, pertolongan pada bencana banjir, menolong kebakaran, menolong kecelakaan dan lain-lain.

Termasuk pula, imbuh Kak Mahmudi, pramuka dan jurnalistik. “Yaitu seperti slogan kwarnas: setiap pramuka adalah kantor berita, dengan melatih anak-anak pramuka untuk menulis berita dan melaporkan kejadian secara standar jurnalistik” ujarnya.

Tema lainnya adalah pramuka dan PPPK, seperti pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas, pengobatan pada luka-luka, cidera dan sejenisnya.

“Ada juga tema pramuka dan pertahanan ketahanan negara, maka bekerjasama dengan TNI untuk memberikan wawasan tentang alutsista dan sistem ipoleksoshankam, termasuk wawasan tentang teritorial” tandas Kak Mahmudi.

Sedangkan pramuka dan keamanan dan ketertiban umum, bekerjasama dengan polri melalui saka bhayangkara. Atau Pramuka go green, yaitu kegiatan pramuka dalam penanaman tanaman produktif dan tanaman pelindung, termasuk gerakan kebersihan lingkungan masyarakat.

Pramuka and humanity, misalnya bekerjasama dengan PMI melakuan donor darah, pertolongan pada bencana alam dan kemanusiaan.

Itulah contoh-contoh tematik Pramuka Tazakka. Selain tematik, ada pula kegiatan outdoor lainnya seperti crosscountry, pendakian gunung, dan kegiatan lainnya.

Kamabigus Gudep Tazakka, KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A menegaskan berkali-kali bahwa inti dari pramuka adalah kebermanfaatannya pada lingkungan.

“Pramuka itu harus selalu hadir di masyarakat dan memberi manfaat, khoirun-naas anfauhum linnaas, sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak memberi manfaat untuk manusia lainnya” tegas Beliau.

Maka, konsep Pramuka Tematik yang digagas oleh Beliau sangat relevan dengan misinya untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi lingkungan.

Semangat, Pramuka Tazakka. Even the best can be improved. Everyday we make change, we make it the best we can.
.
PRAMUKA TAZAKKA: PRAMUKA PEDULI SESAMA, PRAMUKA BERMANFAAT.

Ditulis oleh: Tazakka
Admin Official Website Pondok Modern Tazakka, Batang, Indonesia.

Konten Terkait