Perbanyak Sedekah di Bulan Penuh Berkah

  • 6 Mei 2020
  • 178 views
Perbanyak Sedekah di Bulan Penuh Berkah

Bulan Ramadhan yang kita nanti-nanti kehadirannya kini telah bersama kita. Di bulan ini, seseorang bisa mengumpulkan pahala yang banyak dengan waktu yang singkat demi mencapai kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT.

Kedatangan bulan Ramadhan setiap tahunnya tidak henti-hentinya menjadi penghibur hati orang mukmin. Bagaimana tidak, beribu keutamaan ditawarkan di bulan ini. Pahala di obral, ampunan Allah bertebaran memenuhi setiap ruang dan waktu. Seorang yang menyadari kurangnya bekal yang dimiliki untuk menghadapi hari penghitungan kelak, tak ada rasa kecuali sumringah menyambut Ramadhan. Insan yang menyadari betapa dosa melumuri dirinya, tidak ada rasa kecuali bahagia akan kedatangan bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan sekolah keimanan dan bengkel yang sangat manjur bagi orang yang mengetahuinya. Banyak sekali pelajaran yang dapat diambil darinya. Salah satunya adalah pelajaran peduli terhadap sesama, yaitu dengan memperbanyak sedekah di Bulan penuh berkah tersebut.

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan di bulan Ramadhan, amalan ini menjadi lebih dianjurkan lagi. Dan demikianlah sepatutnya akhlak seorang mukmin, yaitu dermawan.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Terdapat ratusan dalil yang menceritakan keberuntu ngan, keutamaan, kemuliaan orang-orang yang bersedekah.

Apalagi di bulan suci Ramadhan, kita lebih dianjurkan lagi untuk memperbanyak sedekah, karena dengan itu pahalanya akan dilipatgandakan. Selain sebagai bukti keimanan, sedekah juga akan memberikan keberkahan pada harta orang yang melakukannya. Apalagi pahala orang yang bersedekah akan terus berkembang.

Menggabungkan antara puasa dan sedekah adalah sebab seseorang dimudahkan masuk surga. Ia akan diampuni dosa-dosanya dan mendapatkan kese lamatan dari siksa neraka, sehingga ia mendapatkan naungan di hari akhir.

Dalam puasa pasti ada cacat dan kekurangan, sedekah itulah yang menutupi kekurangan tersebut. Dan cara yang paling yang dianjurkan dalam bersedekah adalah dengan memberi makanan berbuka puasa meskipun hanya dengan sebutir kurma maupun seteguk air minum.

Ingatlah salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut, “Barangsiapa memberi makan kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala semisal orang yang berpuasa, tanpa dikurangi dari pahala orang yang berpuasa sedikit pun.”

lihat artikelnya di:
www.tazakka.or.id

====================
Salurkan Zakat, Infaq Shadaqoh dan Wakaf Bapak/Ibu melalui Lazis Tazakka :

REK ZIS
🔸BNI Syariah : 0200 650 994
🔸BSM : 700 1910 579
🔸MANDIRI: 139 000 123 0014
🔸BRI: 5817 0101 0566 539

REK WAKAF
🔸BNI Syariah : 522 000 520
🔸BSM : 7023418082
🔸MANDIRI: 139 008 208 2003
🔸BRI: 5817 01001015 50 9

Konfirmasi Zakat dan Wakaf klik :
+6285869290300 (Edi)
+6287764551313 (Subhi )

Ditulis oleh: Tazakka
Admin Official Website Pondok Modern Tazakka, Batang, Indonesia.

Konten Terkait

Zakat Lewat Amil

Zakat Lewat Amil

Serial Kultum Ramadhan #11 K.H Anang Rikza Masyhadi, MA Pondok Modern Tazakka Batang Jateng Ditulis