Score TOEFL Syarat Kelulusan

Score TOEFL Syarat Kelulusan

TAZAKKA – Sejak Tahun Ajaran 2017 lalu, Toefl menjadi salah satu syarat kelulusan santri Pondok Modern Tazakka. Score minimal adalah 425.

Setiap santri kelas akhir (VI) wajib ikut ujian Toefl. Bagi yang belum lulus, maka dapat mengulangnya hingga scorenya mencapai target.

Disediakan pula kursus-kursus Toefl di ruangan khusus, yaitu di ruang Tazakka Computer Center (TCC) pada hari dan jam tertentu.

Di ruang itu, telah tersedia beberapa komputer beserta audio visualnya dan headset, sebagaimana fungsi sebuah laboratorium bahasa.

Tapi, TCC itu juga kerap digunakan untuk kursus-kursus komputer, desain grafis, dan kursus-kursus pengembangan minat bakat lainnya yang berbasis komputer.

Pada akhir tahun ajaran diadakan tes masal Toefl untuk seluruh kelas akhir. Tes ini bekerjasama dengan Lembaga Bahasa UGM dan perwakilan Cambridge. Sehingga, sertifikat score Toefl bisa digunakan pula untuk di luar.

Ustadz Fery Hidayat, S.Fil.I., S.Th.I selaku salah seorang pembimbing Bahasa Inggris di Tazakka mengatakan bahwa tiap tahun ada peningkatan. Tiap kali ujian, tingkat kelulusannya di atas 70%.

“Yang mengulang hanya sedikit sekali, terutama yang di bawah 400, dan untuk angkatan 2020 ini banyak siswa yang telah melampaui score Toefl 450, bahkan ada yang 500” ucap pria yang memiliki score Toefl 620 itu.

Selain Toefl, Pembimbing Bagian Bahasa Tazakka juga menyelenggarakan kursus bahasa Arab online kerjasama dengan Saudi Electronic University (SEU).

Menggunakan modul dan leveling khusus yang dibuat oleh SEU. Ada 44 perguruan tinggi di Indonesia dan 1 pesantren, yaitu Pondok Modern Tazakka yang telah menjalin MoU dengan SEU untuk pembelajaran bahasa Arab Online.

Selain melalui modul online, juga diberlakukan kelas tatap muka secara teleconference dengan siswa. Waktu biasanya dikompromikan kedua belah pihak.

Pembelajaran dan penguatan keterampilan bahasa menjadi perhatian serius para Pembimbing Bagian Bahasa. Sebab, mulai kelas II hampir semua mata pelajaran diajarkan menggunakan pengantar bahasa Arab dan Inggris. Termasuk ujian lisan dan tulis menggunakan kedua bahasa asing itu.

@akmal, mediacenter (www.tazakka.or.id)