PRAKTEK MANASIK HAJI, PERKUAT PEMAHAMAN SANTRI TENTANG IBADAH UMRAH DAN HAJI

  • 19 Februari 2020
  • 292 views
PRAKTEK MANASIK HAJI, PERKUAT PEMAHAMAN SANTRI TENTANG IBADAH UMRAH DAN HAJI

Salah satu kegiatan tahunan di kurikulum pengajaran KMI Pondok Modern Tazakka adalah praktek manasik haji bagi santri kelas 1 dan 1 Intensif. Praktek manasik haji ini masuk didalam kurikulum pelajaran fiqih. Materi tentang ibadah umrah dan haji sebelumnya sudan disampaikan di kelas masing-masing oleh pengajar fiqih. Pada Kamis, 13 Februari 2020 telah diadakan pengarahan umum tentang ibadah umrah dan haji oleh wakil pengasuh Al-Ustadz. H. Oyong Sofyan secara detail dan rinci beserta runtutan tatacara pelaksanaanya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari sejak hari Kamis sampai hari Ahad.

Sebelum praktek pelaksanaan manasik haji ini dilaksanakan, para walikelas, asisten walikelas, dan pengajar fiqih dikumpulkan untuk menyamakan persepsi dan koordinasi satu dengan yang lainnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik dan memperkuat pemahaman santri tentang ibadah umrah dan haji sesuai tuntunan dan praktek yg benar. Dan kegiatan ini juga sebagai motivasi bagi santri agar kelak bisa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

Praktek pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 16 Februari 2020 di Pondok Modern Alquran Buaran Pekalongan dengan dibimbing oleh walikelas, asisten wali kelas dan pengajar fiqih.

Al-Ustadz. Hares Adam Islahi selaku pembimbing utama kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini amat dan sangat perlu dilaksanakan untuk menambah wawasan dan pemahaman bagaimana cara melaksanakan ibadah haji. Dikarnakan ibadah haji ini banyak rukun dan wajib haji yang juga banyak mengandung filosofi yang suci.

Sebagaimana biasa, setelah pelaksanaan praktek manasik haji ini dengan diawali sholat dzuhur berjamaah kemudian para santri kita ajak untuk berziarah ke makam keluarga H. A. Zaky Arslan Djunaid untuk berdo’a bersama. Keberadaan masjid Az-Zaky di Pondok Modern Tazakka merupakan wakaf dari beliau. Semoga amal ibadah beliau dan keluarga diterima disisi Allah SWT.

Semoga kelak kita bisa menunaikan ibadah haji bersama-sama. [@FatahB]

Ditulis oleh: Tazakka
Admin Official Website Pondok Modern Tazakka, Batang, Indonesia.

Konten Terkait