Ziarah Ke Makam Nabi Ishak AS dan Isterinya Rifqa

  • 8 Desember 2019
  • 5,124 views
Ziarah Ke Makam Nabi Ishak AS dan Isterinya Rifqa

Makam Nabi Ishak AS terletak di dalam Masjis Ibrahim, di Kota Al-Khalil (Hebron), Palestina. Disampingnya ada makam isterinya, Rifqa. Dan di situ juga (berjarak sekitar 10 m), ada makam ayah dan ibunya: Nabi Ibrahim AS dan isterinya Sarah.

Nabi Ishak AS adalah putra Nabi Ibrahim AS dari isteri pertamanya: Sarah. Sedangkan Nabi Ismail AS adalah anak dari isteri kedua: Hajar.

Akan tetapi, Ismail AS lahir terlebih dahulu dibanding Ishak AS. Saat Nabi Ibrahim AS beristerikan Sarah, beliau blm dikaruniai keturunan hingga usia tua (mnrt sbgn riwayat usianya kala itu sdh lebih 90 tahun). Kemudian, stlh menikahi Hajar, beliau dikaruniai Ismail AS. Beberapa tahun kemudian, lahirlah Ishak AS dari isteri pertamanya: Sarah.

Jadi, Nabi Ismail AS dan Nabi Ishak AS adalah kakak beradik; satu bapak beda ibu. Dari keduanya lahirlah keturunan para nabi dan rasul. (lihat di bagan silsilah para nabi dan rasul pd postingan sebelumnya).

Sehingga, Nabi Ibrahim AS digelari sbg Bapak Para Nabi dan Rasul.

(alhamdulillah, saya dapat berziarah ke makam Nabi Ishak AS dan isterinya: Rifqa, dan sebelumnya ziarah ke makam Nabi Ibrahim AS dan isterinya: Sarah).

Semoga saudara-saudaraku semuanya diberi kemudahan dan rezeki bisa berziarah ke makam para nabi dan rasul. Ya Rabb.

@anangrikza
Al-Khalil, Palestina, 7 Desember 2019

Ditulis oleh: Tazakka
Admin Official Website Pondok Modern Tazakka, Batang, Indonesia.