Lazis Tazakka Luncurkan Gerakan Mukena Bersih di Rest Area dan SPBU

TAZAKKA - Berbagai terobosan program terus dilakukan Lazis Tazakka. Kali ini adalah gerakan mukena dan sarung bersih di seluruh rest area dan SPBU se-Pantura, Batang. Gerakan ini dilaunching pada Senin (3/10) di Pondok Modern Tazakka oleh Wakil Pengasuh, KH. Oyong Shufyan, Lc., MA.

Gagasan ini diinisiasi oleh Lazis Tazakka bersama H. Ony Firmansyah, pemilik SPBU Kadilangu, Batang. "Berangkat dari keprihatinan bahwa di banyak rest area perlengkapan shalat dan ibadah tidak memadai, baik dari segi kuantitas maupun kualitas, maka kami tergerak untuk membuat gerakan ini dan alhamdulillah disupport penuh oleh Pak Ony" terang Subhi Mahmassani, Koordinator Wakaf Lazis Tazakka.

Subhi mensinyalir bahwa akibat tidak memadainya sarana ibadah di rest area SPBU, banyak orang yang akhirnya shalatnya kurang maksimal. "Kan, kekhusyukannya terganggu, karena umumnya mukena dan sarungnya sudah bau dan kotor karena lama tidak dicuci" imbuhnya.

Gerakan mukena dan sarung bersih tahap pertama diberlakukan di seluruh SPBU di jalan Pantura mulai dari Batang Kota hingga Gringsing, perbatasan dengan Weleri, Kendal. "Ada 13 SPBU yang menjadi mitra dalam program ini, dan kebetulan semuanya merupakan jaringan SPBU yang diketuai oleh H. Ony Firmansyah" lanjut Subhi.

Staf Lazis Tazakka, Aminuddin menjelaskan bahwa mushola-mushola yang ada di rest area SPBU itu didrop dengan mukena dan sarung baru, minimal tiga setel untuk setiap musholanya, tergantung dari ramai tidaknya mushola itu digunakan untuk shalat.

Selanjutnya, seminggu dua kali akan ditarik dan diganti dengan yang bersih. "Ada petugas khusus dari Lazis Tazakka yang setiap minggu dua kali mengambil dan menggantinya dengan yang bersih, yang lama dicuci" tandas Amin.

Para menejer SPBU menyambut antusias program ini. H. Ony sendiri antusias untuk mengembangkan program-program keumatan lainnya. "Kita ini istilahnya kan memberi kenyamanan bagi yang mau ibadah, semoga dengan ini usaha kita mendapat berkah dari Allah" tutur pengusaha SPBU yang religius ini.

"Ke depan, kita akan diskusikan lagi sinergi dan kerjasama dalam bentuk lain untuk kemaslahatan umat" pungkas H. Ony. @alam-mahardika