LELANG WAKAF SARANA PONDOK

Guna menyambut kedatangan calon santri baru tahun ajaran 2014/2015, saat ini panitia pembangunan sedang menyelesaikan tiga bangunan yaitu gedung asrama, gedung dapur dan koperasi pelajar serta gedung kamar mandi. Ketiganya ditarget bulan Juni 2014 harus selesai. Saat yang bersa­maan, sarana dan prasarana pondok mulai di­kerjakan.­

Mengingat kebutuhan dana yang cukup besar dalam pengadaan sarana dan prasarana tersebut, panitia pembangunan melakukan terobosan dengan cara membuka lelang wakaf sarana dan prasarana. “Kami akan lelang kepada umat untuk wakaf menyelesaian lokal-lokal asrama, meja dan bangku belajar santri, lemari santri bahkan lokal-lokal kamar mandi” ujar H. Teguh Suhardi selaku Ketua Panitia Pembangunan.

Pimpinan Pondok dalam berbagai kesempatan juga mengajak umat untuk ikut dalam lelang wakaf sarana pondok. “Saya sendiri insyaAllah akan ikut pula wakaf, minimal satu set sarana meja dan bangku untuk satu kelas sekitar 12 set, ayo siapa lagi yang mau ikutan, boleh juga wakaf satu lokal kamar mandi, atau keramik asrama, atau papan tulisnya, pokoknya bisa apa saja” tuturnya.

Pengadaan sarana dan prasarana pondok meliputi; sarana belajar santri di kelas yang terdiri dari bangku dan meja, papan tulis dan sarana asrama yang meliputi; lemari santri, rak sandal/sepatu,
sarana olahraga dan sarana penunjang lainnya.

Diakui panitia pembangunan, bahwa mempersiapkan pondok pesantren lebih kompleks dibanding dengan mempersiapkan sekolah umum. Persiapan pondok bisa dua, bahkan tiga kali dari sekolah umum. Selain sarana pembelajaran di kelas, sarana kehidupan selama di pondok juga harus disediakan. “Santri tinggal di pondok 24 jam, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali sarananya harus dipenuhi. Pondok berusaha menyediakan prasarana dan sarana pendidikan dan pengajar­an yang layak bagi para santri” terang Ustadz Edi Buana.

Hingga kini beberapa orang telah menyatakan kesediaanya untuk wakaf satu paket sarana
kelas yang terdiri dari meja kursi belajar, meja kursi guru dan papan tulis. “Kami masih terus membuka kesempatan kepada kaum muslimin di manapun berada untuk ikut lelang wakaf sarana pondok ini” kata Edi.

Kami akan lelang wakaf kepada umat untuk penyelesaian lokal-lokal asrama, meja dan bangku belajar santri, lemari santri bahkan lokal-lokal kamar mandi.
 

H. Teguh Suhardi (Ketua Panitia Pembangunan)