Lazis Tazakka Santuni 1300 Dhuafa

TAZAKKA - Dalam rangka Syiar Ramadhan 1438 H, Yayasan ­Ta­zakka melalui Lazis Tazakka akan memberikan santunan kepada 1300an dhuafa dan anak yatim. Santunan yang diberikan berupa parsel idul fitri dan uang tunai.

Syiar Ramadhan merupakan agenda rutin tahunan. Kegiatannya meliputi kegiatan keagamaan dan  sosial kemasyarakatan.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, agenda terbesar dalam rentetan kegiatan Syiar Ramadhan adalah Silaturahim Akbar dan Buka Puasa Bersama kaum muslimin. Tahun ini ditargetkan bisa dihadiri oleh 5000an kaum muslimin.

“Untuk Silaturahim Akbar tahun ini kami siapkan 5000 paket untuk buka puasa" ujar Ustadz Aminudin, Ketua Panitia Kegiatan Syiar Ramadhan.

Seperti biasa, Silaturahim Akbar dihadiri oleh seluruh elemen umat, mulai dari ulama, pejabat, TNI, Polri, profesional, ormas-ormas keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh-tokoh partai, LSM, dan masyarakat umum. 

Menurut Ustadz Anizar Masyhadi selaku Pimpinan Pondok bahwa even tahunan Silaturahim Akbar ini adalah bentuk komitmen dan visi Tazakka sebagai Perekat Umat.

"Ya, di bulan penuh berkah ini kita ciptakan ruang bersama antar elemen umat dan bangsa, dalam suasana khid­mah, khusyu dan ukhuwah Islamiyyah, maka sementara tanggalkan warna warni baju baik yang di ormas, parpol, dan lain-lain, karena kita duduk bersama di sini untuk menatap masa depan umat dan bangsa yang kita cintai ini" tandasnya.

Di sela-sela acara Silaturahim Akbar, lanjut Amin, akan diserahkan secara simbolik santunan dan bingkisan berupa parcel dan sembako bagi dhuafa, yatim piatu serta imam, muadzin, dai dan guru ngaji.

Selain itu, kegiatan sosial lainnya yang dicanangkan adalah kegiatan Maidatur-Rahman (MR), yaitu buka puasa bersama dengan anak yatim piatu dan dhuafa di beberapa masjid binaan di sekitar pondok. "Total yang kita siapkan ada 10.000 paket nasi yang akan kita sebar lewat beberapa masjid" ung­kap Amin.

Adapula Tali Asih Pantura berupa pembagian nasi kotak untuk buka puasa para petugas lalu lintas arus mudik sepanjang 50 km dari Pekalongan sampai Gringsing selama 3 hari berturut-turut jelang Hari Raya. Dan juga Tasharuf Zakat Mal berupa distribusi tunai kepada dhuafa. Semua kegiatan tersebut dimotori dan disponsori oleh Lazis Tazakka.

Adapun kegiatan keagamaan tahun ini juga bertambah meriah. Selain I’tikaf, Kajian Tafsir Surat Al-Fatihah Kitab Ar-Rahib dan Kajian Hadis, ada pula Kajian Islam Tematik tentang waris, wasiat dan wakaf serta tentang Islamic Worldview.

Ada pula kegiatan Mukim Ramadhan yang diperuntukkan bagi anak-anak sekolah usia SMP dan juga untuk umum. "Semua kegiatan ini, kita bekerjasama dengan IKPM Gontor Cabang Pekalongan" jelas Amin.

Sedangkan santri tetap disibukkan dengan agenda tahunan seperti tahsin dan tahfidz Al-Quran, zakat fitrah, dan kegiatan ibadah Ramadhan lainnya. Untuk kelas VI, mereka akan dibekali dengan seminar-seminar selama 7 hari berturut-turut untuk pembekalan sebelum kelulusan. Adapun materi seminar antara lain: Wawasan Islam dan Politik, Yahudi dan Zionisme, Kristologi, Menejemen SDM, Menejemen TPQ dan Pesantren, Wawasan Media dan Jurnalistik, Teknik Broadcasting Modern, Strategi Diplomasi dan Wawasan Hubungan Luar Negeri, Pengantar Perbandingan Madzhab dan Islamic Worldview.

Ustadz M. Bisri selaku Pimpinan Pondok menyatakan bahwa pada bulan Ramadhan kegiatan justru sangat padat. "Rasanya tiada hari tanpa kegiatan, baik yang bersifat ubudiyah, keilmuan, wawasan umum maupun sosial kemasyarakatan, selain untuk mendidik santri sekaligus untuk meneguhkan komitmen bahwa Tazakka adalah tenda besar umat Islam" ujarnya.

"Di bulan penuh berkah ini kita ciptakan ruang bersama antar elemen umat dan bangsa, dalam suasana khidmah, khusyu dan ukhuwah Islamiyyah, maka sementara tanggalkan warna warni baju baik yang di ormas, parpol, dan lain-lain, karena kita duduk bersama di sini untuk menatap masa depan umat dan bangsa yang kita cintai ini". @alam