Gerakan Wakaf Para Sahabat Nabi SAW; KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A.

Wakaf dan zakat merupakan instrumen penting dalam ajaran Islam yang bertujuan memberdayakan potensi ekonomi kaum muslimin. Berbeda dengan zakat yang sifatnya wajib dan menjadi rukun Islam, wakaf bersifat sunnah muakkadah (sunah yang sa­ngat dianjurkan).

Artinya, seseorang yang tidak membayar zakat padahal termasuk kategori mampu, maka ia akan berdosa dan diancam dengan adzab yang pedih. Sementara, wakaf lebih kepada anjuran yang jika melakukannya akan mendapatkan kemuliaan dunia dan akhirat.

Read more...

Macam-Macam Wakaf; Dr. Musthafa Dasuki Kasbah (Pakar Ekonomi Islam dan Direktur Eksekutif)

Selain zakat, Islam memiliki instrumen ibadah ­sosial lain untuk memberdayakan umat yang cakupannya ­sangat luas, yaitu wakaf. Banyak sekali sunnah yang telah  diriwayatkan para sahabat tentang wakaf, baik sunnah ucap­an maupun perbuatan dari     Rasulullah SAW. Diantaranya adalah Hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA: Bahwa ­Rasulullah SAW bersabda, “Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah amal perbuatannya,  kecuali tiga hal, yaitu dari sedekah jariyah, atau ilmu yang dimanfaatkan, atau anak saleh yang mendoakannya.” Mayoritas ulama berpendapat sedekah jariyah yang dimaksud adalah wakaf.

Read more...