Reading Habit Di PM Tazakka

Di Pondok Modern Tazakka, santri dibiasakan dengan kegiatan yang diorientasikan untuk memupuk budaya atau suasana membaca. Pagi, siang, sore dan malam. Maka, anda akan melihat pemandangan santri yang selalu membawa buku ke mana pun mereka pergi. Karena buku memang teman duduk setia para santri.

Di Tazakka, proses pendidikan budaya membaca dilakukan secara terintegrasi de­ngan tiga pendekatan: intra-kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra-kurikuler.

Read more...

Melalui Mu'adalah: Legalitas Pesantren Disetarakan

Koordinator Nasional Gerakan “Ayo Mondok”, KH Luqman Harits Dimyathi meng­ajak kalangan pesantren untuk pandai­ bersyukur. Sebab sekarang ini pesantren dan kitab kuning­ sebagai pilar utamanya mempunyai hak yang sama dalam sistem pendidikan nasional.

Read more...

4 Sentuhan Pendidikan

Salah satu risalah yang diemban oleh seorang guru adalah tugas untuk mendidik manusia, menciptakan manusia yang memiliki SDM yang berkualitas lagi bermutu. Sebagai pendidik, guru juga memiliki risalah menjadikan para santri memiliki karakter dan akhlak yang mulia.

Read more...

Tradisi Kamisan: Evaluasi Mingguan Guru

Salah satu kegiatan mingguan di Pondok Modern ­Tazakka adalah acara Kamisan Guru. Acara ini merupakan acara wajib bagi seluruh guru di Tazakka, baik guru senior­ maupun yunior, tak terkecuali bagi Pimpinan Pondok dan Direktur KMI. Dilaksanakan setiap hari Kamis siang setelah jam KBM.

Read more...