Tazakka Akan Tambah Torn Air

User Rating:  / 0
PoorBest 

Bagian Pembangunan Pondok Modern Tazakka berencana untuk membangun torn air atau tandon penyimpan air. Kebutuhan akan tandon ini dirasakan sudah sangat mendesak mengingat kebutuhan air di pondok terus meningkat.

Ustadz Haris Adam Ishlahi yang diamanati oleh Pimpinan Pondok sebagai Staf Bagian Pembangunan menerangkan bahwa kebutuhan air ini sangat penting mengingat jumlah santri semakin tahun semakin meningkat, sedangkan saat ini pondok hanya memiliki satu penampungan air berukuran 11.000 liter untuk bisa menampung dan mengalirkan ke seluruh pondok, yang letaknya sebelah selatan masjid.

Tandon air tersebut sifatnya adalah untuk cadangan debit apabila ada masalah dalam saluran air, atau di sumber mata air. "Pada saat normal, maka air dari sumber mata air dialirkan langsung untuk kebutuhan pondok" ujar Haris.

"Rencananya akan ditambah minimal dua tandon lagi dengan kapasitas masing-masing sekitar 8000 liter" imbuh Haris penuh antusias.

Ustadz Haris juga menjelaskan bahwa kamar mandi santri di Pondok Modern Tazakka tidak menggunakan kolam penampungan, namun langsung menggunakan shower, sehingga ketika santri mandi secara bersama di waktu pagi maupun sore, air langsung terkuras. "Sistem shower ini juga pertimbangan kesehatan, kalau pakai bak kamar mandi maka air bekas kemungkinan sebagian akan masuk lagi" tuturnya.

"Tandon atau torn air ini nantinya untuk mengontrol ketersediaan air di tiap-tiap kamar mandi. @ali

Tandon air tersebut sifatnya adalah untuk cadangan debit apabila ada masalah dalam saluran air, atau di sumber mata air. "Pada saat normal, maka air dari sumber mata air dialirkan langsung untuk kebutuhan pondok