Ujian Seleksi Gelombang II, Tazakka Terima 130 Santri Baru

TAZAKKA - Setelah usai menggelar ujian seleksi masuk gelombang kedua pada Ahad kemarin (13/5), total santri baru yang diterima kini berjumlah 130 orang. Para calon santri akan mulai mukim di pondok untuk mulai tahun ajaran baru 2018/2019 pada tanggal 14 Syawal atau 28 Juni 2018.

Ketua Panitia Penerimaan Santri Baru (PPSB), Ustadz Farid Subhan, S.Pd.I yang dikonfirmasi mengatakan bahwa jumlah keseluruhan pendaftar gelombang I dan II lebih dari 200 orang.

"Namun, sesuai arahan Pimpinan Pondok, tahun ini kami hanya bisa menerima sekitar 120an, karena memang kapasitas tempat dan sarana prasarana masih terbatas" terangnya.

Direktur KMI, Kiai M. Bisri, S.H.I, M.Si menegaskan bahwa keputusan PPSB insyaAllah yang terbaik. "Meluluskan atau tidak meluluskan, kami menimbang dari berbagai aspek, termasuk prediksi kemampuan anak mengikuti pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Tazakka nantinya" ujarnya.

Dengan bertambahnya 130 santri baru tahun ajaran 2018/2019 ini, maka diperkirakan jumlah total santri Tazakka mencapai 600an santri. Dengan jumlah guru sekitar 65 orang.

Ujian seleksi masuk meliputi ujian lisan dan tulis. Ujian lisan terdiri dari wawancara tatap muka tiap calon santri dengan materi: baca tulis Al-Quran, ibadah amaliyah sehari-hari & seputar motivasi belajar. Sedangkan ujian tulis meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) & soal-soal psikotes.

Disamping itu, para calon santri diwajibkan pula mengikuti tes kesehatan dan cek narkoba di Tazakka Medical Center, bekerjasama dengan PMI Batang.

"Alhamdulillah, kami dibantu para dokter yang baik dan mukhlis seperti dr. Ida, dr. Bety, dr. Bonis, dr. Dodi, dr. Zamroni, dr. Budi Setiajit, Sp.THT, dan lain-lain, bahkan dokter Budi Setiajit ikut memeriksa THT seluruh calon santri" ujar Kiai Bisri.

Di sisi lain, para calon wali santri juga wajib mengikuti wawancara. Akan ditanya seputar motivasi ke pesantren, latarbelakang keluarga, anak-anak, pendidikan di rumah, dan lain-lain.

Berikut informasi statistik tentang calon santri baru yang telah lulus ujian seleksi masuk.

A. Jumlah Diterima (Lulus): 130 Santri

 

B. Tamatan

SD/MI: 100 Santri

SMP/MTs: 30 Santri

C. Daerah Asal

Bandung    (2),

Banjarnegara (    2),

Banten       (1),

Batang       (19),

Bekasi        (5),

Bogor         (2),

Brebes        (2),

Cirebon     (1),

Demak       (5)

Depok        (1)

Jakarta  (8)

Jambi         (1)

Jepara         (1)

Kendal       (4)

Kotawaringin Barat     , Kaltim (1)

Majalengka (       1)

Makassar   (1)

Palembang          (3)

Pekalongan         (19)

Pemalang   (11)

Salatiga      (1)

Semarang   (9)

Sidoarjo     (1)

Tangerang (3)

Tegal          (25)

Wonosobo (1)

@faiz-mct

www.tazakka.or.id