Usai Ujian Sujud Syukur, Ini Sunnah Pondok

TAZAKKA - Hari ini, Kamis 24 Sya'ban 1439 H bertepatan 10 Mei 2018, usailah ujian akhir semester di Pondok Modern Tazakka. Para santri dari mulai kelas I hingga kelas V KMI melakukan sujud syukur bersama di Masjid Az-Zaky, Pondok Modern Tazakka.

"Sujud syukur adalah bagian dari sunnah pondok, bahwa setiap selesai ujian, persis setelah materi terakhir semua santri langsung bergegas menuju masjid untuk sujud syukur" ujar Kiai Anang Rikza Masyadi, MA.

Sujud syukur, kata Kiai Anang, adalah untuk mendidik para santri bahwa setelah bekerja dan berjuang keras, kembalikan semuanya pada Allah SWT, sebagaimana diajarkan dalam agama kita bahwa setelah ikhtiar adalah tawakal.

Hal senada disampaikan oleh Kiai Bisri selaku Direktur KMI. Menurutnya, semua kegiatan adalah untuk pendidikan, maka slogannya bukan belajar untuk ujian, tetapi ujian untuk belajar.

"Apa yang telah ditetapkan di pondok didesain untuk mendidik, sehingga apapun kegiatannya pasti ada muatan nilai-nilainya, maka di sini berlaku slogan: ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian" tandas Kiai Bisri.

Dalam ujian, lanjut Kiai Bisri, yang dinilai bukan semata-mata capaian akademik melalui jawaban soal-soal ujian, akan tetapi juga akhlak. "Maka, yang kedapatan menyontek, atau sekedar berusaha menyontek saja, langsung kami coret dan kosongkan nilainya, bahkan bisa sampai pada sanksi skorsing" imbuhnya.

Sementara itu Kiai Anang menegaskan kembali bahwa ujian hakekatnya bukan cuma menguji keilmuan santri, tapi juga menguji akhlaknya. "Melalui ujian santri harus tetap menjadi anak shaleh, jujur, dan disiplin, sebab hidup hakekatnya ya ujian, kalau tidak tahan uji maka bisa tergelincir" tegas Kiai Anang.

"Jadi, tidak ada tradisi corat-coret baju, konvoi motor sambil berdiri, teriak-teriak di jalan, dan lain sebagainya, itu bukan tradisi pesantren, kalau ada yang mengekspresikan kelulusannya seperti itu di sini, langsung kami coret dari daftar santri" tukas Kiai Anang.

Ujian semester dilangsungkan selama kurang lebih satu bulan, dimulai dari ujian lisan dan dilanjutkan dengan ujian tulis. Semoga para santri Tazakka mendapatkan nilai yang baik dan melalui ujian semakin memantapkan akhlakul karimahnya. @faiz-mc