Ngaji Kliwonan

TAZAKKA - Pondok Modern Tazakka mengadakan Pengajian Kliwonan­ yang digelar bulanan setiap Jumat Kliwon sore di Aula Gedung Rabithah. Ngaji Kliwonan ini menjadi ajang untuk merekatkan ukhuwwah para Anshar Tazakka dan juga tokoh-tokoh masyarakat sekitar pondok.

"Ngaji kliwonan ini sengaja kami adakan agar ada momen kebersamaan untuk para anshar, masyarakat bahkan wali­santri. Kita duduk bersama, berdiskusi ringan membahas masalah keumatan, dan juga tentunya menjalin silaturahim" tutur KH. Anang Rikza Masyhadi, MA.

Selama satu jam Kiai Anang menyampaikan materi berisi hikmah dan tuntunan yang disadur dari Al-Quran dan Hadis, bukan sekedar penyampaian materi, para hadirin juga memiliki kesempatan untuk berdialog ringan seputar masalah kese­harian.

“Topik pengajian bebas, tentang keutamaan amal, akhlak, keumatan, kebangsaan, atau bisnis menurut Rasulullah, penegakan hukum dan lain sebagainya. Tidak boleh ada topik tentang khilafiyyah atau topik-topik yang justru dapat memicu perpecahan di kalangan umat” jelas Kiai Anang.

Pengajian ini disambut baik oleh para anshor Tazakka­ yang memang sudah lama merindukan momentum silaturrah­mi seperti itu. "Diadakannya Pengajian Kliwonan ini sangat membantu, selain bisa bersilaturahmi dengan Kiai Anang, ini juga menjadi tempat rujukan untuk berdialog seputar masalah kese­harian umat muslim" ujar H. Hadi Purnomo, salah seorang Anshar Tazakka asal Bandar.

Tidak hanya diikuti oleh anshar dan masyarakat daerah sekitar, pengajian ini juga dihadiri oleh sebagian walisantri. "Ini forum yang bagus sekali, saya sangat apresiasi terhadap Tazakka yang mengadakan acara bulanan seperti ini, sangat bermanfaat untuk memperkuat ikatan persaudaraan." Ucap Pak Anton, walisantri asal Pekalongan.

Pengajian ditutup dengan Shalat Maghrib berjamaah di Masjid Az-Zaky setelah itu dilanjutkan dengan makan malam bersama. H. M. Zubaidi mengungkapkan bahwa asyiknya di Ngaji Kliwonan ini ada makan malamnya. “Semua jamaah selesai mengaji langsung makan malam bersama, suasana­nya hangat sekali” katanya.@Ramadya