Ziarah Ke Makam Sahabat Nabi: Qusam Bin Abbas Ra

SAMARKAND - Alhamdulillah, pada Senin, 4 Rabiul Awal 1440 H bertepatan dengan 12 November 2018, kami berkesempatan berziarah ke makam salah seorang sahabat Nabi SAW, yaitu Qusam bin Abbas bin Abdul Muthalib RA.

Beliau adalah sepupu Nabi Muhammad SAW. Qusam bin Abbas konon adalah orang yang wajahnya paling mirip dengan Rasulullah SAW.

Pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib RA, Qusam pernah diberi amanah menjadi Gubernur Madinah. Konon, melalui Qusam bin Abbas RA, Islam masuk ke negeri Samarkand dan sekitarnya. Dan di sanalah beliau wafat dan dimakamkan.

Semoga rahmat dan berkah selalu tercurah kepada keluarga Nabi SAW, para sahabat dan pengikutnya hingga hari kiamat kelak.

@anangrikza

Samarkand, 4 Rabiul Awal 1440

12 November 2018

www.tazakka.or.id

Ziarah Ke Makam Imam Bukhari Di Samarkand

SAMARKAND - Alhamdulillah, pada hari Ahad, 3 Rabiul Awwal 1440 bertepatan dengan 11  November 2018, kami mendapat keberkahan Allah SWT dengan mengunjungi makam Imam Bukhari di Samarkand, Uzbekistan. Saya bersama akhi Kiai Anizar Masyhadi dan Bapak Teguh Suhardi dari Pondok Modern Tazakka mendampingi Syaikh Dr. Muhammad Rajab Deeb dari Suriah bersama rombongan para ulama dari berbagai negara: Indonesia, Malaysia, Pakistan, India, Bangladesh, Amerika, Perancis, Belgia, Luxemberg, Jerman, Inggris, Suriah, Mesir, Australia dan lain-lain.

Read more...