Kaman; Bekerja Sambil Beribadah

User Rating:  / 0
PoorBest 

 

Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui,mungkin istilah itulah yang tepat menggambarkan perjuangan Kaman sebagai petugas kebersihan di Masjid Az-Zaky Pondok Modern Tazakka. Menurutnya, keindahan itu tidak nyata bila tanpa kebersihan, maka kebersihan itu sendiri adalah keindahan, kebersihan itu membuat orang merasa nyaman dan kebersihan itu mencerminkan kepribadian seseorang. "Dalam Islam, kita kan dituntut untuk selalu bersih, karena kebersihan itu sebagian dari Iman" ungkapnya.

Ia memaknai profesinya bagian dari ibadah, bukan sekedar mencari nafkah bagi keluarganya namun mene­gakkan ajaran Islam tentang kebersihan.

 "Karena ibadah apapun dalam Islam, memerlukan kesucian, kebersihan. Jadi bersih tidak asal bersih, namun bersih dan suci, itu yang harus diutamakan." imbuhnya.

Ia juga bersyukur dapat bekerja sekaligus membantu Pondok, selain itu ia memanfaatkan waktunya untuk mengikuti pengajian, menambah wawasan keagamaan serta sekedar mendengarkan santri berbahasa Arab dan Inggris.

 "Awalnya sihgakngerti, tapi sekarang sudah tahulah sedikit-sedikit," candanya.

Bekerja sambil ibadah menjadi pengalaman yang indah dalam menjalankan tugasnya, "Saya bersyukur bisa sholat lima waktu di Masjid Pondok, dan juga mendapat banyak siraman rohani ketika mengikuti pengajian, dimana saya menemukan arah dan tujuan dalam hidup ini," pungkasnya.